Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

14 Agustus 2009

US Dollar Paradox dan Harga Emas ...


Seperti yang sudah kita duga harga emas dan otomatis Dinar pekan ini benar-benar menunjukkan trend yang masih rendah Penyebabnya-pun sesuai yang kita perkirakan yaitu harga emas dalam Dollar yang rendah, dan nilai tukar Rupiah yang menguat.

Karena US$ lagi perkasa, maka harga emas dalam US$ rendah. Ketika hal ini terjadi bersamaan dengan menguatnya nilai tukar Rupiah – maka penurunan harga emas dan juga Dinar menjadi significant seperti yang terjadi beberapa pekan ini..

Pertanyaan yang sering sampai ke saya adalah, mengapa US$ ini tetap kuat padahal krisis finansial global justru bermula dari negara tersebut ?.

Jawabannya agak panjang, tetapi memang benar bahwa US$ menunjukkan angka yang cenderung menguat selama krisis ini. Perhatikan grafik US$ Index di atas yang saya ambilkan datanya sejak bulan September 2007 – ketika tanda-tanda awal krisis mulai terbaca.

Sejak awal krisis akhir September 2007 sampai sekarang bank-bank sentral dunia telah mem-bailout atau setidaknya memberikan jaminan senilai kurang lebih US$ 20 trilyun. Tetapi pada periode tersebut US$ Index malah menguat dari kisaran angka 78 di awal krisis ke kisaran angka 86.

Ini yang saya sebut sebagai US$ Paradox; menguatnya nilai tukar US$ kali ini bukan disebabkan oleh ekonomi yang membaik di negeri tersebut. Tetapi malah oleh sebab yang sebaliknya, yaitu proses pembusukan ekonomi yang sedang berlangsung. Untuk menjelaskan hal ini, perhatikan ilustrasi disamping.

Ketika institusi perbankan, asuransi dlsb. mengalami masalah yang sangat besar dan terancam kebangkrutan; maka bank sentral negeri itu mem-bailout institusi-institusi tersebut dengan uang rakyat. Aset-aset yang beracun dari institusi yang terancam bangkrut, ditukar dengan uang rakyat.

Namun uang rakyat yang dibenamkan ke institusi yang bermasalah ini juga tidak memadai untuk membuat mereka segera sembuh; berapa banyakpun dana dibenamkan dalam program bailout bila yang diselamatkan masih terus memburuk keadaannya – maka dana semacam ini seperti nggarami laut – tidak berdampak pada aktifitas ekonomi berikutnya.

Bank tetap belum bisa menyalurkan kredit, likwiditas tetap sulit – US$ tetap langka. Inilah yang menyebabkan US$ bernilai tinggi – karena langka ditengah krisis yang sedang terjadi.

US$ yang lagi bernilai tinggi ini pula yang kemudian membuat harga emas dunia kelihatan relatif rendah – bila dibeli dengan mata uang US$.

Lantas sampai kapan hal ini berlangsung ?. Ada dua kemungkinan untuk ini yaitu pertama bila institusi yang berusaha ditolong tersebut benar-benar selamat, maka uang bailout yang selama ini dibenamkan ke institusi tersebut akan meledak keluar dalam bentuk penyaluran kredit dlsb yang tiba-tiba membesar. Dampaknya adalah likwiditas akan tinggi jauh melebihi likwiditas sebelum krisis; inflasi yang tinggi akan timbul pada masa ini.

Kemungkinan kedua adalah kalau bailout gagal, maka para pembeli bond Amerika akan sadar bahwa yang mereka beli adalah bond atas aset-aset beracun dari institusi yang tidak akan sembuh dari sakitnya. Pada saat mereka menghentikan pembelian bond Amerika ini, maka saat itulah US$ akan jatuh harganya dan bisa menyebabkan inflasi yang sangat tinggi atau hyper inflasi.

Jadi situasi paradox yang dihadapi oleh US$ saat ini – tidak akan berlangsung terus menerus. Segera setelah bailout berhasil atau sebaliknya segera setelah masyarakat investor dunia sadar bahwa bailout gagal – maka situasi paradox ini akan berakhir. Saat itulah harga emas dunia akan melonjak tinggi dalam US$ - karena US$-nya yang jatuh.

Kapan ini akan terjadi ? Wa Allahu A’lam. Hanya Allah-lah yang maha tahu, tetapi kepastian akan dihancurkannya ekonomi yang berbasis Riba seperti ekonomi Amerika dengan US$-nya tersebut memang sudah dikabarkan ke kita melalui Al-Qur’anul Karim di surat Al-Baqarah 276-279.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.