Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

22 Agustus 2009

Fenomena Pembentukan Segi Tiga Simetris Dalam Harga Emas Dunia ...

Dalam tulisan saya tentang Musim Membeli Emas saya membuat analisa bahwa berdasarkan statistik beberapa tahun terakhir, pada umumnya harga emas dunia cenderung rendah antara akhir Maret sampai September dan sebaliknya cenderung meninggi akhir September sampai Maret. Akankah statistik berulang tahun ini ?

Saya tetap konsisten dengan pendapat-pendapat saya sebelumnya, bahwa insyaallah statistik akan kembali berulang tahun ini. Sekali lagi hanya Allah-lah yang tahu ilmu masa depan, kita hanya berusaha memahami fenomena statistik harga emas yang ada. Salah satu dari fenomena pasar ini adalah fenomena Segitiga Simetris atau Coil – yang antara lain analisanya ditulis oleh Michael J Kosares dkk dari USA Gold.

Segitiga ini dibentuk dari satu sisi yang menghubungkan titik-titik tertinggi harga emas harian dalam beberapa bulan terakhir, sedangkan sisi yang lain menghubungkan titik-titik terendahnya. Hasilnya kita bisa lihat pada grafik disamping. Cara kerjanya seperti per atau Coil, bila kita tekan terus menerus pada suatu titik kita tidak bisa menekannya lagi – dan per atau Coil akan memantul (melar) secara maksimal. Saat itulah akan ada lonjakan harga emas yang significant.

Terbentuknya segi tiga simetris dalam harga emas dunia mendahului lonjakan besar yang terjadi kemudian. Pola semacam ini bisa dilihat dalam lonjakan-lonjakan harga emas dunia yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir yang disajikan pada grafik dibawah. Perhatikan lonjakan akhir 2007/awal 2008 yang didahului oleh segitiga sama sisi yang mulai terbentuk selama beberapa bulan sebelumnya, demikian pula lonjakan akhir 2005/awal 2006 , lonjakan akhir 2004 dan juga akhir 2003.

Bila statistik ini akan berulang, maka kemungkinan waktunya sudah dekat karena sekarang kita sudah berada di akhir bulan Agustus dan fenomena segitiga sama sisinya sudah terbentuk dengan jelas. Kenaikan harga emas dunia dalam US$ yang mencapai 1.37% tadi malam misalnya, bisa jadi merupakan awal dari memantulnya Coil ini. Wa Allahu A’lam

1 komentar:

  1. pusatnya bandar sabung ayam indonesia terpercaya
    Tersedia 2 Jenis Taruhan Sabung Ayam Live
    Sabung Ayam S128 - SV388
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami...
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.