Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

13 Mei 2009

Geliat Emas/Dinar di Musim Harga Rendah ...


PDF Print E-mail


Dalam tulisan saya tanggal 31 Maret lalu dengan judul Musim Membeli Emas/Dinar saya membuat prediksi berdasarkan statistik lima tahun terakhir bahwa harga emas dunia akan cenderung rendah sampai akhir bulan September mendatang.

Tulisan kali ini meng-update tulisan sebelumnya – khususnya dalam hal perkembangan harga emas dunia sebulan terakhir. Dengan memperhatikan grafik disamping, bisa jadi musim ‘kemarau’ harga emas rendah ini berlangsung lebih cepat dari perkiraan saya.

Per pagi ini harga emas dunia mengalami kenaikan 5.06 % dalam tiga puluh hari terakhir. Penyebabnya adalah US$ yang cenderung melemah seperti yang tergambar dalam latar belakang grafik. Kaitan tentang naiknya harga emas dunia bila US$ melemah ini dapat dilihat di tulisan saya dengan judul Mengenal Gold Dinar Quadrant.

Untungnya kali ini Rupiah berberak kearah yang benar yaitu menguat, sehingga kita yang di Indonesia dapat menikmati harga emas –berarti juga harga Dinar – yang lebih rendah dibandingkan sebulan yang lalu. Per pagi ini harga Dinar di GeraiDinar.Com mengalami penurunan 3.03% dibandingkan dengan harga sebulan yang lalu.

Pertanyaannya adalah kearah mana harga emas dunia akan bergerak dalam beberapa bulan kedepan ?.


Dari grafik 1 bulan diatas dan juga grafik 5 bulan terakhir disamping, nampaknya arah US$ akan cenderung melemah – yang dicerminkan oleh menurunnya US$ Index. Artinya harga emas dunia dalam US$ akan cenderung naik lebih cepat dari perkiraan saya semula.

Bagimana dengan harga Dinar dalam Rupiah ?.

Sangat tergantung dengan kekuatan Rupiah ini sendiri. Yang cukup significant akan mempengaruhi harga Rupiah dalam bulan-bulan mendatang adalah situasi politik dalam negeri khususnya terkait dengan pemilu presiden.


Bila semua berjalan lancar dan pasar gembira dengan hasilnya, maka Rupiah kemungkinan besar akan menguat – dan penguatan ini dapat meng-offset kenaikan harga emas dunia dalam Dollar. Artinya harga Dinar berpeluang turun, bila pemilu presiden berjalan lancar.

Sebaliknya bila ada masalah dalam pemilu, atau hasilnya tidak di respon positif oleh pasar, maka Rupiah akan kembali melemah. Bila ini terjadi bersamaan dengan melemahnya US$ maka Dinar akan berada di Quadrant III ,artinya harga akan naik.

Sekali lagi ini hanya prediksi statistik dan saya bisa saja keliru. Wa Allahu A’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.