Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

11 Mei 2009

Extinction Level Event : Teori Kepunahan Bank-Bank Besar Amerika ...

by Muhaimin Iqbal

Extinction Level Event (ELE) adalah istilah untuk kejadian atau musibah yang sangat besar yang memusnahkan mayoritas penduduk bumi. Contoh fiksinya ada di cuplikan film Deep Impact yang Anda dapat saksikan dengan klik disini

Yang menarik adalah istilah Extinction ini mulai digunakan untuk menggambarkan kondisi bank-bank raksasa Amerika saat ini. Yang menggunakan istilah ini pun tidak tanggung-tanggung, televisi bisnis paling kesohor di dunia yaitu CNBC dalam head line berita dengan judul “Big US Banks May Be Headed For Extinction—And Soon” Sabtu kemarin.

Banyak teori tentang kepunahan bank-bank besar Amerika ini; diantaranya adalah mereka menjadi terlalu besar sehingga pihak otoritas-pun tidak bisa mengaturnya. Karena sangat besar tetapi tidak bisa diatur, maka ketika terjadi malpraktek dampaknya akan menyeret kehancuran bank-bank maupun berbagai institusi keuangan lainnya. Keterpaksaan pemerintah untuk mem-bailout beberapa institusi keuangan raksasa Amerika baru-baru ini adalah bentuk nyata dari situasi ketidak berdayaan pemerintah menghadapi institusi-institusi raksasa tersebut.

Rangkaian bailout yang dilakukan pemerintah Amerika tersebut-pun jauh hari sudah diingatkan bahayanya oleh dua orang yang competent dibidangnya yaitu Minneapolis Federal Reserve President Gary Stern dan Sr VP Ron Feldman dalam buku yang berjudul “TOO BIG TO FAIL: THE HAZARDS OF BANK BAILOUTS” (2004). Menurut mereka tindakan pemerintah melakukan bailout terhadap bank-bank yang gagal justru akan mendorong perilaku masyarakat untuk berani mengambil risiko yang seharusnya tidak diambil.

Konsekwensi dari teori ini adalah pasca bailout risiko perbankan di Amerika justru meningkat bukan sebaliknya– karena di benak masyarakat toh akan ada pemerintah yang akan bailout bila terjadi sesuatu.

Dari beberapa faktor tersebut, maka menurut para pelaku pasar mereka sendiri kepunahan bank-bank besar Amerika adalah suatu keniscayaan – yang belum pasti tinggal waktunya. Ada yang berpendapat kepunahan ini akan terjadi dalam beberapa bulan kedepan (pendapat George Ball, Chairman dari Sanders Morris Harris Group), namun juga ada yang berpendapat akan terjadi dalam lima tahun kedepan (Pendapat Paul J Miller, bank Analyst dari FBR Capita Markets).

Karena kepastian akan kepunahan ini, istilah kesombongan mereka selama ini Too Big To Fail atau Terlalu Besar Untuk Gagal kini telah menjadi sindiran Too Big To Exist atau Terlalu Besar Unuk Tetap Ada.

Saya sendiri sangat percaya akan kepunahan bank-bank besar ini karena sudah diberitakan ke kita sejak lebih dari 1400 tahun lalu : “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (QS 2 : 276)

Bahkan bukan hanya bank-bank besar, berdasarkan ayat tersebut diatas – maka bank-bank kecilpun yang masih menggunakan system ribawi pasti akan musnah.

Kalau bank-bank besar (dan kecil) Amerika punah dan secara systemic akan menular secara cepat ke sistem sejenis di seluruh dunia, lantas sistem keuangan apa yang akan selamat ?. Tentu system keuangan yang berjalan menurut syariahNya yang akan selamat.

Konkritnya seperti apa ?, saya menjagokan Baitul Mal Wat Tamwil atau BMT sebagai cikal bakal system keuangan masa depan – sebagai pengganti system ribawi yang sekarang.

Dalam rangka untuk ikut menyiapkan sistem alternatif ini maka Insyallah dalam satu bulan kedepan model BMT masa depan kita akan siap secara penuh beroperasi. Di BMT model ini selain masyarakat bisa ber-investasi, kita juga akan adakan berbagai pelatihan , pengembangan dan lain sebagainya yang terkait dengan produk-produk keuangan Islami . Insyaallah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.