Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

02 Juni 2009

Kehancuran US Dollar Yang Begitu Nyata ...



Sepanjang pekan ini harga emas dunia dalam US$ terus menanjak. Bila pada awal pekan harga emas masih di kisaran US$ 945/oz , akhir pekan ini harga emas sudah mendekati US$ 980/oz. Kenaikan ini menurut saya sendiri terlalu cepat.

Namun kenaikan ini juga tidak mengejutkan dan tidak keluar dari trend jangka panjang harga emas dalam US$. Dari ilustrasi disamping sudah sangat jelas bahwa dalam empat puluh tahun terakhir sejak emas tidak lagi dijadikan standar mata uang dunia, mata uang dunia (yang direpresentasikan dengan US$) nilai/daya belinya terus menurun.

Teorinya apabila mata uang pembanding (US$) turun, seharusnya mata uang lainnya naik. Tetapi kenyataannya tidak demikian, seperti Rupiah misalnya – pada saat US$ daya belinya rendah seperti saat ini yang diindikasikan melalui US$ Index dibawah angka 80 – masih saja US$ ini bernilai diatas Rp 10,000 per Dollar-nya. Artinya trend menurunnya US$ seperti grafik tersebut sebenarnya juga dialami oleh berbagai mata uang kertas lainnya.

Lantas apa artinya ini bagi uang dan investasi kita ?.

Karena nilainya yang terus menurun, maka mata uang kertas tidak mampu menjadi alat penyimpan nilai (store of value) dalam jangka panjang. Hasil jerih payah kita berpuluh tahun akan terus menurun nilainya bila dikelola dalam satuan mata uang kertas.

Tabungan atau investasi jangka panjang, hanya aman bila dikelola dalam satuan mata uang (unit of account) yang nilainya terus naik atau setidaknya terjaga daya belinya – yaitu antara lain dengan menggunakan mata uang emas yang dalam Islam berarti Dinar.

Jadi tabungan atau investasi jangka panjang seperti dana pensiun, biaya anak masuk perguruan tinggi, biaya kesehatan usia pensiun, perawatan kesehatan jangka panjang (Long Term Care) dan lain sebagainya – hanya aman dan terjaga nilai/daya belinya bila dikelola dengan standar emas atau Dinar.

Meskipun saya mendorong investasi dalam emas atau Dinar ini, tidak berarti saya mendorong tindakan menimbun yang sangat tercela dalam Islam. Anda bisa menabung atau investasi dalam Dinar tanpa harus menimbun bila Dinar Anda tetap available bagi orang lain yang membutuhkannya.

Dana dalam bentuk Dinar yang dikelola akan terus berputar untuk membiayai aktifitas-aktifitas ekonomi yang berpotensi serta memberi manfaat pada umat secara keseluruhan. Insya Allah.

1 komentar:

  1. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.