Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

27 Februari 2009

M-Dinar ... Solusinya

Sejak saya memperkenalkan Dinar, orang sudah menanyakan ada tidaknya Dinar dalam pecahan kecil ini. Soalnya membeli Dinar 1 keping saja harganya sekarang sudah sekitar 1.5 juta, tentu tidak semua orang bisa memilikinya. Sebenarnya Dinar dalam satuan kecil seperti ¼ Dinar; ½ Dinar dlsb. bukan tidak mungkin diproduksi, hanya saja biaya produksinya menjadi mahal sehingga tidak praktis memproduksi koin Dinar kecil ini.
Bertransaksi dengan Dinar secara fisik di zaman ini juga kurang praktis, karena selain membawa-bawa koin emas tidak semudah membawa uang kertas , juga karena uang Dinar Emas memiliki nilai nominal yang tinggi sehingga tidak mudah untuk belanja barang-barang yang bernilai kecil. Disisi lain ada benda modern yang saat ini selalu dibawa oleh manusia -hampir oleh seluruh tingkatan sosial – yaitu hand phone atau mobile phone. Teknologi mobile phone juga semakin maju sehingga internet berkecepatan tinggi sudah atau segera akan bisa diakses oleh pemegang handphone tersebut. Yang namanya mobile phone sekarang bener-bener mobile dan nomornya bisa diperoleh oleh siapa saja dengan harga hanya seharga sepiring nasi. Benar-benar mobile, dan benar-benar untuk semua orang. Yang istimewa dari nomor mobile phone ini adalah dia unik, tidak ada dua nomor telepon yang sama di dunia. Kemudian nomor telepon juga selalu diingat minimal oleh pemiliknya.
Dua hal yang istimewa ini yang kita gunakan sebagai salah satu identity di system M-Dinar. Itu pula mengapa system ini kita beri nama M-Dinar, karena memang dalam banyak hal mencontek teknologi Mobile
M-Dinar intinya adalah sebuah System Pembayaran Berbasis Dinar Emas atau Gold Dinar Payment System. M-Dinar ini menjadi sangat strategis karena insyaallah akan dapat melengkapi implementasi penggunaan Dinar di masyarakat secara pratktis.
Dengan M-Dinar masalah klasik ini dengan mudah teratasi. Peminat-peminat Dinar dapat mulai memiliki account di M-Dinar walaupun dananya baru cukup untuk membeli ¼ Dinar sekalipun. M-Dinar juga bisa memenuhi keinginan para peminat Dinar yang tinggal di daerah/kabupaten yang belum terjangkau layanan paket RPX. Memang, secara fisik Dinar tidak bisa dipegang tapi dengan semakin banyaknya saldo Dinar di account M-Dinar Anda, tidak menutup kemungkinan Dinar akan bisa diterima secara fisik. Juga seandainya ada kekhawatiran apabila menyimpan Dinar di rumah dengan alasan keamanan, M_Dinar juga bisa menjadi alternatif solusi.

Dengan M-Dinar, dua masalah terpecahkan yaitu pertama masyarakat secara luas bisa mulai memiliki Dinar secara bertahap tergantung dari kemampuan masing-masing. Setelah Dinar menjadi bulatan 1 Dinar, 2 Dinar dst. Pemiliknya dapat mengambil fisik Dinar atau tetap dipertahankan di account M-Dinar sampai waktunya dana tersebut dibutuhkan.
Melalui M-Dinar pihak-pihak dapat bertransaksi perdagangan dengan menggunakan Dinar Emas tanpa harus membawa-bawa Dinar nya secara fisik. Pemilik account menyimpan Dinar-nya di pihak yang dapat dipercaya (Trusted Third Party) dan secara otomatis berkurang atau bertambah tergantung dari aktifitas transaksinya.
Transaksi antar pemilik account dapat dilakukan melalui komputer yang terkoneksi internet ataupun mobile phone dengan GPRS atau 3G. Untuk meningkatkan security, setiap transaksi baru akan di eksekusi setelah di re-confirm melalui code atau link yang terkirim via email pemilik account.
Cara ini akan membuat proses pengambilan Dinar seaman mengambil uang di ATM atau bahkan lebih aman. Mengapa ?, karena hanya Anda yang bisa memindahkan account Anda ke Agen. Bagi agen dia juga aman karena hanya mengeluarkan Dinar yang jelas-jelas baru ditambahkan saldonya ke account mereka oleh Anda.
Saldo Dinar yang ada di account M-Dinar akan berada tetap di account Anda. Hanya Anda yang bisa memindahkannya untuk transaksi atau untuk dicairkan. Ketika Anda akan mengambil Dinar Anda secara fisik, kemana Anda akan pergi ? yang paling gampang adalah cari agen-agen GeraiDinar.
Untuk dapat mengambil Dinar Anda dari M-Account, Anda harus terlebih dahulu memindahkan sejumlah Dinar yang Anda akan ambil tersebut ke Account M-Dinar dari agen dimana Anda mengambil Dinar Anda.
Untuk meyakinkan Anda dan Agen yang bisa jadi baru sekali ketemu Anda; Anda bisa pindahkan Dinar Anda langsung didepan Agen ybs. dan si Agen bisa langsung ngecek Saldo tambahan hasil pemindahan/pembayaran Anda tersebut. Atas dasar saldo dari Anda inilah Agen mengeluarkan Dinar Anda. Cara ini akan membuat proses pengambilan Dinar seaman mengambil uang di ATM atau bahkan lebih aman. Mengapa ?, karena hanya Anda yang bisa memindahkan account Anda ke Agen. Bagi agen dia juga aman karena hanya mengeluarkan Dinar yang jelas-jelas baru ditambahkan saldonya ke account mereka oleh Anda.


M-Dinar : Bagaimana Mulai Menggunakannya…

Berikut adalah cara yang sudah bisa dilakukan oleh pengguna konsumen maupun para pedagang (terutama di dunia maya) dengan M-Dinar account-nya.

1) Mendaftar untuk menjadi pemegang account di M-Dinar sungguh mudah; yang Anda perlukan hanya buka situs
www.m-dinar.com kemudian klik menu full-web (atau langsung ke www.m-dinar.com/indo.php). Di sidebar kiri paling bawah ada link ke create account; klik link ini dan Anda akan diminta isi 4 informasi saja yaitu nama anda, user name yang akan anda gunakan, email Anda (harus valid karena akan dikonfirmasi), dan password.
Setelah Anda isi dan klik register, maka tahap awal pendaftaran Anda selesai. Anda diminta untuk mengkonfirmasi pendaftaran Anda melalui inbox pada email yang Anda daftarkan tersebut diatas. Setelah Anda konfirmasi, Anda akan sudah resmi terdaftar sebagai pemegang account M-Dinar – namun Anda belum bisa transaksi dan belum memiliki nomor account.
2) Untuk bisa transaksi Anda harus punya saldo di rekening Anda; pengisian saldo awal dapat dilakukan melalui pembelian Dinar di Gerai Dinar Surabaya seperti membeli Dinar biasa.Pada saat pengisian saldo awal ini, Anda akan diminta nomor HP karena nomor ini yang selalu Anda ingat – nomor HP Anda ini selanjutnya juga akan menjadi nomor account Anda.
3)Setelah mengisi saldo awal, Anda bisa login lagi, kemudian klik Mobile Payment di menu. Maka kali ini tampilan account Anda sudah berubah. Anda sudah memiliki nomor account, dan terlihat adanya saldo di account M-Dinar Anda.
4) Sekarang anda sudah bisa bertransaksi dengan pemegang account M-Dinar lainnya. Untuk transfer ke pihak Mitra, Anda hanya perlu nomor account-nya (yang juga mudah diingat karena nomornya akan sama dengan nomor HP mitra Anda), jumlah yang hendak Anda transfer, dan penjelasan untuk transaksi apa transfer Anda tersebut.
5) Setelah Anda klik transfer; maka akan muncul halaman konfirmasi data, nama pemilik account tujuan transfer Anda, nomor account-nya dan jumlah yang akan Anda transfer. Kalau semua sudah benar, Anda dapat klik tombol konfirmasi.
Kalau ada yang keliru, Anda bisa batalkan di sini.
6) Untuk keamanan Anda, maka Anda akan diminta mengkonfirmasi sekali lagi transaksi ini melalui email Anda yang terdaftar. Anda diberi dua cara untuk mengkonfirmasi, bisa melalui klik link yang ada atau bisa menggunakan kode konfirmasi – 3 – 4 angka yang dikirim melalui email tersebut. Cara konfirmasi pertama dapat dilakukan dengan langsung klik ke link yang dikirim via email; cara kedua dengan kembali ke menu Mobile Payment Anda dan cari transaksi yang masih pending – klik tulisan pending ini dan isikan kode yang dikirim via email tersebut. Bila semua ok, maka satus transaksi akan berubah dari pending ke done. Pada tahap inipun- Anda masih bisa batalkan transaksi kalau Anda anggap ada kekeliruan. Bila Anda sudah konfirm yang terakhir kalinya ini maka baru mitra Anda akan dikirim email otomatis atas pembayaran Anda ini.
Proses tersebut diatas berlaku bila Anda ingin melakukan transfer antar pengguna M-Dinar. Bagaimana bila Anda ingin belanja sesuatu dari merchant yang sudah menerima M-Dinar sebagai alat bayar ? Insya Allah akan saya sampaikan pada tulisan berikutnya
Jadi memiliki account di M-Dinar adalah mudah, menjadi pedagang (merchant) yang bisa menerima pembayaran dengan Dinar di dunia maya juga mudah.
Dengan kemudahan-kemudahan ini dan penyempurnaannya yang akan datang…insyaallah Dinar akan bener-bener hadir dan berfungsi sebagai mana mestinya di dalam kehidupan kita yang nyata….Insyaallah.




1 komentar:

  1. Saya tertarik sekali untuk berinvestasi menggunakan dinar, tapi ada yg saya ingintanyakan bagaimana keuntungan dalam dinar jika harga dinar terus naik? kan tidak ada selisih atau margin dalam jual beli dinar, beli saat turun jual saat naik. mohon penjelasanya

    BalasHapus

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.