Pergerakan Harga Dinar 24 Jam

Dinar dan Dirham

Dinar dan Dirham
Dinar adalah koin yang terbuat dari emas dengan kadar 22 karat (91,7 %) dan berat 4,25 gram. Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak Murni dengan berat 2,975 gram. Khamsah Dirham adalah koin yang terbuat dari Perak murni dengan berat 14,875 gram. Di Indonesia, Dinar dan Dirham diproduksi oleh Logam Mulia, unit bisnis dari PT Aneka Tambang, Tbk, dan oleh Perum PERURI ( Percetakan Uang Republik Indonesia) disertai Sertifikat setiap kepingnya.

10 Februari 2009

Prediksi Harga Emas di Tahun 2009


PDF Print E-mail
Written by Muhaimin Iqbal

fibonacci 2009

Awal bulan ini saya menulis tentang prediksi harga emas tahun depan oleh Citigroup , tulisan seperti ini rupanya yang diminati pembaca sehingga prediksi tersebut hari-hari ini menduduki peringkat teratas di artikel popular situs ini.

Lantas yang sering sekali orang bertanya pada saya adalah bagaimana prediksi saya sendiri untuk harga emas tahun depan ?. Jujur saya lebih suka mengelak pertanyaan semacam ini karena saya bener-bener tidak tahu masalah ilmu masa depan ini, bagi saya hanya Allah-lah yang tahu apa yang akan terjadi.

Hanya untuk sekedar belajar memahami trend statistik dan seluruh fenomena krisis finansial yang ada, sebatas ilmu manusia tentang statistik saya sendiri memandang prediksi harga emas oleh Citigroup untuk tahun depan yang bisa mencapai US$ 2,000 troy oz tersebut agak ketinggian.

Kalau sampai sekitar US$ 1,630-an per troy oz maka ini lebih memungkinkan menurut saya.

Mengapa demikian ?, berikut argumen saya :

Saya berusaha konsisten dengan teori kehancuran mata uang kertas mengikuti Deret Fibonacci yang saya tulis akhir tahun lalu.

Berdasarkan teori Deret Fibonacci ini, maka harga emas tidak akan ujug-ujug menjadi US$ 2000/ troy oz, melainkan akan melalui puncak angka di kisaran US$ 1,630-an dahulu, turun lagi – baru naik kembali ke angka di kisaran US$ 2,600-an dst….

Mengapa angka US$ 1630-an (atau tepatnya angka US$ 1,636) yang saya pilih ?. Karena angka tertinggi sebelumnya yang sudah terjadi adalah angka US$ 1,011/troy oz yang terjadi pada tanggal 17 Maret 2008 lalu. Bilangan Fibonacci 1.618 dikalikan US$ 1,011/troy oz jadinya US$ 1,636/troy oz.

Tetapi kapan ini terjadi ? Wallahu A’lam, berdasararkan rentang Fibonacci 1 yang hanya 8 bulan, maka Fibonacci 2 bisa jadi dalam waktu dekat…sekali lagi hanya Allah yang tahu ilmu masa depan ini, saya sekedar berusaha memahami fenomena yang sedang terjadi.

Analisa kwantitatif semacam ini tentu tidak afdhol bila tidak didukung analisa kwalitatif, maka berikut argumen kwalitatif saya untuk menjelaskan bahwa mengapa US$ (dan uang kertas lainnya) akan cenderung memburuk - yang berarti semua benda riil terutama emas akan naik harganya tahun depan :

· Secara umum harga emas dunia dalam US$ bergerak berlawanan arah dengan kekuatan mata uang US$ (dalam Rupiah bisa saja arah gerakannya berlainan tergantung lagi di Quadrant mana harga emas tersebut – lihat penjelasan saya di Mengenal Gold Dinar Quadrant). Saat ini US$ lagi relatif perkasa dengan US$ Index yang mencapai 84, Emas lagi lemah pada harga US$ 822/troy oz. Bisa dibayangkan kalau US$ memburuk misalnya menjadi 71 seperti yang sempat terjadi kwartal pertama tahun ini – maka dengan relatif mudah harga emas akan melejit dua kalinya atau bahkan lebih yang berarti akan mencapai US$ 1600-an.

· Trend melemahnya US$ sudah mulai terasa beberapa pekan terakhir, setelah sempat menyentuh angka 88 kini melemah ke angka dibawah 84. Anda dapat mengikuti pergerakan US$ index setiap saat di dashboard situs ini.

· Melemahnya US$ ini tidak lepas dari realita bahwa Amerika adalah negara pengutang terbesar saat ini, dan pemerintahan yang sekarang membuat blunder dengan hutang yang tidak akan bisa dibayar sampai bergenerasi yang akan datang.

· Bayangkan saja, sejak berdirinya negeri itu selama lebih dari 240 tahun ‘hanya’ membuat akumulasi hutang sebesar US$ 9 trilyun; tetapi beberapa bulan selama krisis finansial global tahun ini saja pemerintah yang sekarang telah berhutang atau membuat komintmen berhutang untuk berbagai program bailout sebesar US$ 8.5 trilyun !.

· Kalau Anda mau meminjamkan uang ke seseorang dan Anda tahu seseorang tersebut sudah kegedean hutangnya dibandingkan kemampuannya membayar - masih kah akan Anda hutangi lagi dia ?. Ini yang akan terjadi dengan ekonomi Amerika, cepat atau lambat pemberi pinjaman akan menghentikan keran pinjamannya – dan kalau ini terjadi berarti malapetaka bagi US$.

Saya bisa saja keliru dalam membuat prediksi ini, tetapi yang jelas saya lebih percaya pada emas dibandingkan US$ ataupun berbagai mata uang kertas lainnya – terutama dalam krisis yang seperti sumur tanpa dasar ini. Wallhu A’lam.


1 komentar:

silakan masukkan komentar dan pertanyaan anda disini

Disclaimer

Meskipun seluruh tulisan dan analisa di blog ini adalah produk dari kajian yang hati-hati dan dari sumber-sumber yang umumnya dipercaya di dunia bisnis, pasar modal dan pasar uang; kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang ditimbulkan oleh penggunaan analisa dan tulisan di blog ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi tanggung jawab pembaca sendiri untuk melakukan kajian yang diperlukan dari sumber blog ini maupun sumber-sumber lainnya, sebelum mengambil keputusan-keputusan yang terkait dengan investasi emas, Dinar maupun investasi lainnya.